Sabtu, 30 Juni 2012

cara mengatasi rambut rontok dan ketombe secara alami


Mengatasi Rambut Rontok sangatlah penting. Salah satu masalah rambut yang sering ditakuti banyak orang adalah rambut rontok. Karena bila tidak diatasi bisa menyebabkan kebotakan. Salah satu penyebab rambut mudah rontok adalah ketombe. Ketombe umumnya timbul pada jenis rambut yang berminyak. Pada keadaan yang parah ketombe bisa disertai pengelupasan kulit kepala. Selain ketombe, keturunan juga bisa menjadi faktor rambut rontok. Makanan yang banyak mengandung lemak serta dan karbohidrat, serta faktor psikis juga bisa menjadi faktor penyebab rambut rontok. Bila rambut rontok karena ketombe maka sebaiknya ketombenya diobati lebih dahulu.
Mengatasi Rambut Rontok
Ketombe bisa diatasi dengan diet rendah karbohidrat dan lemak. Pemakaian sampo dan tonik sebaiknya dipilih yang sesuai dengan kulit kepala si pemakai. Disamping itu menurut para ahli kecantikan kerontokan rambut banyak disebabkan oleh poliolusi, sinar ultravioelet, radikal bebas, dan lampu tata cahaya di studio televisi.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Pada dasarnya, ada dua tipe kerontokan rambut, yaitu hairfall dan hairloss, yang keduanya bisa mengganggu siapa saja. Hairfall adalah problem kerontokan melebihi batas normal yang terjadi karena rapuhnya rambut. Sementara itu, hairloss adalah problem kerontokan rambut yang terjadi antara lain karena faktor usia, gen, hormon, infeksi kulit, atau pasca-melahirkan.
Untuk mencegah rambut rontok berikut tips-tipsnya:
  1. Gunakan bahan-bahan alami untuk merawat rambut sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya.
  2. Keramaslah secara rutin dengan sampo yang sesuai dengan jenis rambut, misalnya seminggu dua kali.
  3. Lakukan creambath secara rutin, baik di salon maupun di rumah
  4. Gunakan produk perawatan yang baik yang berfungsi meng hentikan proses oksidasi zat kimia pada rambut akibat penggunaan kosmetik rambut.

Mengatasi Rambut Rontok dengan Lidah Buaya

Jika memiliki rambut rontok, Anda harus mengusahakan pertumbuhannya agar rambut tidak menjadi semakin tipis. Merangsang pertumbuhan rambut bisa dilakukan dengan cara tradisional, dengan lidah buaya segar. Anda bisa melakukan sendiri di rumah, tapi usaha ini memang menuntut kesabaran. Caranya:
  • Ambil beberapa batang lidah buaya yang besar.
  • Buang kulit batang lidah buaya, gosokan bagian dagingnya ke kulit kepala secara perlahan, lalu diamkan.
  •  Setelah beberapa menit, bilas kepala Anda hingga bersih. Lakukan perawatan ini setiap hari.

Mengatasi Rambut Rontok dengan Urang Aring

Cara tradisional lain yang banyak dilakukan orang untuk mengatasi masalah kerontokan rambut adalah dengan memanfaatkan urang-aring. Caranya:
  • Ambil segenggam daun urang –aring, cuci hingga bersih.
  • Remas-remas daun urang-aring, lalu rendam dengan air.
  • Gunakan rendaman air daun urang aringnya itu untuk keramas, kemudian bilas dengan sampo. Lakukan perawatan ini dengan rutin minimal seminggu sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar