Kamis, 28 Juni 2012

defisini blog dan manfaat bloger


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9Z0yMwCZVKmXNe0KUl0p52qzb6zb6BFEN2UpBE4TEzoyC0EVwgWh-Fe06ngd-JYjq8sHC-dJqvOZA9Om6PELNqNz2FhEE5kbYLqSQtVX1n0v0a7BNoKxpuU2RrDjpcu9_2v6yTuRITBQ/s320/what-is-blog.jpg

Apa sih blog itu ?. Sebuah kata populer untuk menyebut sebuah website yang berisi tulisan, gambar, video bahkan berisi komentar orang lain.
Istilah Blog diperkenalkan oleh Jorn Barger pada tahun 1997, berasal dari kata Web dan Log. Web adalah website dan Log adalah catatan kronologis. Istilah Blog oleh Jorn Barger dipakai untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinu disertai dengan komentar-komentar oleh orang lain dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik.
Oleh Wikipedia, pengertian Blog diperluas lagi menjadi sebuah website yang biasanya diurus oleh seseorang dengan isi tulisan menurut diri pribadi yang diperbaharui setiap saat, berisikan deskripsi kegiatan dan material lain seperti gambar serta video. Format tulisan biasanya diurutkan secara kronologis. Banyak blog digunakan untuk catatan informasi dengan topik bahasan tertentu disamping fungsi lain sebagai catatan pribadi seseorang. Sebuah blog biasanya berisi teks tulisan, gambar, video, dan link ke blog lain. Kemampuan untuk meninggalkan komentar dari pihak lain adalah kekuatan dari sebuah blog. Kebanyakan blog berisi tulisan pribadi pemiliknya, terkadang pula blog berisikan topik khusus seperti seni, sketsa, photography, video, musik, audio, yang menjadi bagian dari media sosial. Terminologi blog berkembang lagi melahirkan Micro Blogging, yaitu tipe lain dari blogging (kegiatan nge-blog) yang berisikan tulisan pendek.
Pengguna blog adalah individu/pribadi, komunitas, organisasi, bahkan perusahaan. Pengguna individu bisanya disebut blogger. Kehadiran blog adalah sebagai media informasi dua arah, sehingga sering dimanfaatkan oleh individu itu menyebarkan ide pemikirannya (contoh blog pribadi: milik Bli Anton, Bli Devari, Bli Pande, Gek Fenny, dll). Contoh blog komunitas adalah Bali Blogger Community, Warga Arya Wang Bang Pinatih, Komunitas Tangan di Atas, dll. Blog organisasi seperti IMTPI, Kisara, dll. Blog juga digunakan oleh perusahaan untuk media komunikasi antara juru bicara perusahaan dan pelanggannya atau untuk kepentingan publik. Perusahaan dapat menggunakan blog untuk meluncurkan produk/layanan, menanggapi isu atau kritik dan menyampaikan kebijakannya. Contoh blog perusahaan adalah Bali Orange Communications, Microsoft, General Motors, Kalbe Farma, Bcbali Handicraft, dll (Susah banget cari blog perusahaan di Indonesia).
Secara umum, ciri-ciri website bertipe blog adalah :
  1. Terdapat tulisan informatif yang tersusun secara kronologis berdasarkan waktu dan terbagi menjadi beberapa kategori.
  2. Tulisan tersimpan rapi berurutan dalam arsip berita berdasarkan bulan.
  3. Terdapat fasilitas untuk meninggalkan pesan atau komentar terhadap informasi yang tersaji dalam blog.
  4. Biasanya terdapat link ke website/blog favorit lain.
  5. Dan beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti, cuplikan foto, shoutbox, pencarian informasi dalam blog (search), dll.
Untuk bisa memiliki blog, sangat mudah. Sekarang sudah banyak penyedia blog gratis yang akan menampung semua informasi Anda baik itu tulisan teks, gambar, audio, dan video. Penyedia blog yang populer diketahui adalah Wordpress, Blogger, TypePad, dll. Penyedia blog populer saat ini dari Indonesia adalah Dagdigdug dan blogdetik. Mereka mempunyai sistem pendaftaran yang mudah dipahami. Tidak perlu menjadi programmer website atau web desainer untuk mempunyai sebuah blog.
Karena gratis, maka nama blog yang Anda terima masih ada embel-embel nama penyedia blog, misal http://sibadu.wordpress.com. Blog bisa menggunakan nama pribadi sesuai selera Anda, seperti contoh http://www.hendra.ws atau http://www.pandebaik.com. Untuk mendapatkan nama pribadi dalam blog, Anda harus menyediakan dana untuk pembelian nama domain, menyewa web hosting dan install program blog dalam website itu. Silahkan menghubungi perusahaan penyedia domain name dan web hosting Indonesia untuk kebutuhan blog menggunakan nama pribadi. Mereka akan bantu Anda.
Beragam motivasi alasan orang untuk membuat blog, diantaranya :
- Suka menulis.
- Dokumentasikan perjalanan hidup.
- Sampaikan ide pemikiran.
- Mempengaruhi masyarakat.
- Media protes/kritik tapi tidak mungkin termuat di media publik.
- Mengisi waktu.
- Ikutan tren.
- Cari kenalan/teman baru.
- Cari peluang bisnis.
- Biar ngetop dan terkenal.
- Biar berguna di masyarakat.
- Menyalurkan hobi narsisme.
- Hampa hidup tanpa nge-blog.
- dll (bagaimana menurut Anda ?).
Dari motivasi diatas, jelas akan menimbulkan manfaat dalam nge-Blog, diantaranya :
- Potensi menjadi terkenal.
- Potensi mendapat duit dari blog.
- Menjadi pintar menulis. (Bisa karena terbiasa).
- Wawasan luas.
- Lebih peka terhadap kondisi sosial.
- Punya teman baru dari berbagai daerah di dunia.
- Membangun komunitas.
- Membangun brand/merek pribadi.
- Memberikan manfaat bagi orang lain/masyarakat.
- Ide/produk akan dikenal luas melalui internet.
- Kepuasan pribadi, jadikan hidup lebih berwarna.
- dll (bagaimana menurut Anda ?).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar